Setelah buku pemrograman android yang berjudul “Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC” penerbit Informatika (www.biobses.com) menjadi buku kategori laris Best Seller Buku Penerbit Informatika

Buku edisi ke-2 ini akan berisi dengan bahasan aplikasi-aplikasi client server berbasis android sekaligus aplikasi untuk smartphone baik itu android maupun iphone/ipad,blacberry,windows phone,dll.
untuk mempermudah running aplikasi dalam buku dicontohkan semuanya dengan android.

Bahasan buku pada edisi ke-2 ini menjadi sangat kompleks….dua kali lipat lebih dari halaman pada buku bahasan edisi-1.

Pada buku “Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC” edisi ke-2 ini, penulis tidak sendirian, penulis bersama team, artinya pada edisi ke-2 ini secara umum setiap aplikasi disumbangkan oleh kontributor-kontributor yang bersedia memberikan aplikasi smartphone/tablet pc nya untuk dikupas pada buku edisi ke-2 ini, itu artinya buku edisi ke-2 ini merupakan gabungan pemikiran contoh aplikasi dari banyak sumber/kontributor sehingga dari segi kualitas contoh project/aplikasi yang disajikan pasti lebih mantaps..

berikut adalah kontributor dan bahasan aplikasi yang disumbangkan oleh kontributor-kontributor pada buku edisi ke-2 ini :

“Yunus Supriadi Wijaya,S.Sos,M.T”
Kontributor aplikasi Ensiklopedia Hadits untuk tablet pc (Android,ipad,playbook)
Seorang konsultan IT dibandung sekaligus berpengalaman sebagai web devlopment diberbagai instansi dan pemerintahan kota/kabupaten di Indonesia.
emial : yunus_wijaya@yahoo.com

Pada awalnya tulisan arab untuk device smartphone baik itu android,iphone,bb,wp7,dll agak sedikit rumit untuk membuat aplikasinya, sehingga banyak aplikasi yg menggunakan tulisan arab dalam pembuatan aplikasinya menggunakan teknik image hal itu karena pada umumnya smartphone tidak mengenal tulisan arab secara standard, dibutuhkan teknik arabic reshaper yang sedikit agak rumit dan banyak makan resources.

Tapi untuk sekarang teknik arabic reshaper sudah di tinggalkan alias tidak diperlukan lagi.. untuk genarasi smartphone terbaru khususnya android generasi honeycomb (3.0 keatas or tablet series) sudah support dengan tulisan arab. itu artinya we don’t need arab rshaper to view arabic.

Aplikasi hadist yang dibuat ini adalah tipe client server bukan aplikasi hadits kebanyakan yaitu berupa native, menggunakan konsep web mobile application devlopment (HTML5) dengan database server mysql.

Tampilan aplikasi hadits yang dibuat sebagian kecil seperti gambar berikut :

contoh priview aplikasi Ensiklopedia Hadits

note karena gambar image aslinya besar (tablet pc)..pilih link dibawah setiap gambar utk melihat gambar aslinya.

gambar asli_hadits1

gambar asli_hadits2

Aplikasi ensiklopedia hadits ini dilengkapi dengan paging untuk mempermudah akses ke hadist selanjutnya ataupun sebelumnya.

gambar asli_hadits3

Juga dilengkapi dengan searching hadits

Aplikasi ini menggunakan database mysql dan databasenya sudah banyak berisi data hadits seperti gambar berikut :

Dapatkan pembahasan full dan sourcodenya pada buku edisi ke-2 ini.

“Thio Pratama Putra,ST.”
Kontributor Aplikasi Mobile-Learning berbasis Android.
Email: tiodrenalin@gmail.com
Bekerja sebagai Programmer.

Aplikasi ini mengintegrasikan Android dengan E-learning Moodle menggunakan konsep Client-Server. disini akan digunakan berbagai macam teknik agar android bisa mengakses konten-konten yang ada pada Moodle, baik dalam mengakses maupun manipulasi kontennya. Agar lebih jelasnya bisa dilihat gambaran umum dari sistem yang akan kita buat.

intinya aplikasi ini akan menjadikan e-learing yang dibangun dengan moodle dapat digunakan dengan sangat friendly di android untuk fiture2 yang kita aktifkan berupa materi,tugas,download,pengumuman,dll

contoh sebagian kecil print screen dari aplikasi ini adalah

Aplikasi Mobile-Learning ini adalah salah satu aplikasi unggulan buku ini, aplikasi ini dibahas sangat lengkap dan content en codingnya tentu asli dan tidak ada duanya di dunia, file java yang dibutuhkan 30 buah file java dan 15 file php sebagai service (deploy by konsep mvc).

Pembahasan aplikasi mobile-learning ini dibagi atas 3 sub bab yaitu :
BAB M-LEARNING MANAGEMENT MOODLE : membahas intlasi moodle untuk sebagai e-learningnya.
BAB M-LEARNING ANDROID JAVA : membahas codingan android untuk membuat aplikasi mobile learningnya yg juga bisa dikatakan aplikasi client di android untuk mengakses e-learning moodle.
BAB M-LEARNING PHP : membahas tentang service phpnya

Dapatkan pembahasan full dan sourcecode aplikais mobile-learning ini pada buku edisi ke-2 ini.

“Kurnia Anggriani,ST.”
Kontributor Aplikasi Harion doa-doa Islam
Email: kurniaasyik@gmail.com
Bekerja sebagai Programmer, memiliki pengalaman membuat aplikasi harian doa-doa islam yang sudah mencapai lebih 185.000 download di android.market

contoh sebagian kecil print screen dari aplikasi ini adalah

Aplikasi doa ini memerlukan 26 file java.

Dapatkan aplikasi ini dengan full pembahasan dan sourcecode pada buku edisi ke-2 ini.

ANDROID MYSQL
bagian ini khusus membahasa lengkap bagaimanakah membuat aplikasi android yang berfungsi untuk melakukan transaksi (insert,update,delete) data ke mysql, dengan menguasi bagian android mysql ini akan mempermudah anda untuk memahami aplikasi client server yg dibahas di buku ini termasuk mobile-learning serta untuk menjadi bahan konsep dasar anda dalam membuat aplikasi yang berfungsi aliran data ke server (mysql).

WEB APPS HTML5, JQUERYMOBILE SERTA PHONEGAP

Pada bagian ini akan dibahas berbagai aplikasi client server dengan HTM5/css3, JQueryMobile(jqm), phonegap, beberapa aplikasi itu adalah
Aplikasi Mobile-Resto dgn JQM
Aplikasi Cafe dengan HTML5/CSS3
Aplikasi Barca Fans dengan JQM
Aplikasi RSS Reader (Jquerymobile + PhoneGap)
serta pengenalan web mobil devplopment dengan html5/css3, phonegap dan jqm.

semua aplikasi diatas menggunakan database mysql sebagai database servernya dan php sebagai servicenya (parsing).

contoh sebagian kecil print screen dari aplikasi ini adalah

Dan masih ada beberapa aplikasi baik itu aplikasi yang base on java (android) maupun web apps (html5/jqm).

semua aplikasi pada bagian WEB APPS HTML5, JQUERYMOBILE SERTA PHONEGAP berjalan normal termasuk hadist ensiklopedia di tablet pc dan smartphone produk lain…baik itu iphone/ipad,bb,wp,dll..berikut ini adalah salah satu apabila di running di ipad

EDISI BUKU KE-2 INI BERJUMLAH 468 lebih (tidak termasuk pengantar dan daftar isi).

Demikian gambaran sekilas tentang buku edisi ke-2 ini, mudah2 an ada gambaran untuk anda sebagai bahan pertimbangan..

Salam hormat TEam.

Nazruddin Safaat H.
uxc.wilis

nb.
Penulis tidak jualan buku..so untuk transaksi pemesan anda bisa langsung hubungi http://biobses.com/ pilihan pemrogmana-android atau di toko-toko buku.