Karena keasikan update semua platform android-sdk sampai dengan platform android-13 begitu juga add-ons sampai dengan addon_google_apis_google_inc_13, sekaligus add-ons like samsung gt, sony ericson,lg,dll, maklum lagi semangat waktunya update.

Setelah berhasil update, kembali ke eclipse untuk coba tuturials baru..eh ternyata pas ketika lihat desain layout xml di eclipse muncul error. biasanya ketika kita select code dari coding xml pada tab Graphical Layout biasanya muncul desain gui layout xml kita, tapi pada saat itu tidak muncul. yang muncul pesan error “LayoutLib is to recent. Update your tool!” seperti gambar berikut :

Lumayan tidak nyaman juga,, secara gitu mau lihat gui layout xml yang kita rancang ndak bisa,, lagian ane termasuk orang yang ndak suka gunakan desain gui layout xml dengan tools lain like droiddraw,, artinya ane memang merasa nyaman dengan layout gui xml di eclipse…

setelah usik-usik..rupanya masalahnya adalah di ADT, kebetulan waktu itu adt yang ane gunakan adalah adt-11 (dev. June 2011),, setelah update platform/add-ons en yang lainnya menyebabkan ada masalah graphical layout xml,, setelah ane install adt-12 (Juli 2012),,, rupanya ceritanya platform android 13 en yang lainnya harus menggunakan adt-12

Penjelasan detail en download adt-12 dimari :
ADT-12

dan finally.. Graphical Layout xml ane muncul lagi di eclipse..

:=))
uxc.wilis