Tags

, , , , ,

Rancang -Bangun-Aplikasi-Multiplatform-Android-IOS-Windows-Phone-Blackberry-Symbian

info lengkap : www.biobses.com

Seiring berjalannya Teknologi, web mobile sekarang dapat di pergunakan untuk membangun aplikasi yang dapat berjalan pada semua sistem operasi mobile tanpa harus membuat aplikasi native yang akan berjalan di masing-masing sistem operasi mobile. Salah satu faktor keuntungan dari aplikasi web mobile adalah menggunakan bahasa pemograman HTML5, PHP dan CSS sehingga dapat di jalankan di multi platform (dapat berjalan baik di android, ios, windows phone, blackberry dan Symbian).

Aplikasi native memiliki keunggulan tersendiri terutama masalah distribusi aplikasi di toko aplikasi seperti play.google dan apple App Store, Sementara aplikasi web mobile (html5 application) memiliki kelemahan dalam mendistribusikan aplikasi di kedai-kedai market aplikasi seperti play.google.com. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, lahirnya teknologi hybrid application-nya itu teknologi untuk membuat aplikasi native dari aplikasi web mobile sehingga mudah untuk di distribukan di kedai-kedai market aplikasi yang ada. Banyak framework web yang sudah memiliki fasilitas hybrid application ini yang sudah beredar seperti phonegap, ionic, sencha, intel xdk,dll.

Bahasan di buku Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform (Android, IOS, Windows Phone, Blackberry, Symbian)  ini adalah bagaimana merancang bangun aplikasi dengan model pengembangan untuk multi platform dengan menggunakan html5 (JQuery Mobile) dan sekaligus bagaimana membuat aplikasi native-nya (hybrid application). Bahasan buku difokuskan rancang bangun tiga aplikasi yaitu sebagai berikut :

  1. Aplikasi Sistem Informasi berbasis Multi Platform menggunakan Location Based Service (LBS). Aplikasi ini merupakan bagian smart-city di mana dapat memberikan informasi lokasi-lokasi penting pada sebuah kota sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi penting baik lokasi maupun fasilitas yang ada di lokasi tersebut.
  2. Aplikasi Mobile-Kuliner berbasis Multi Platform menggunakan Location Based Service. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi kuliner yang terdapat disuatu kota.
  3. Aplikasi Mobile-Resto yang berfungsi untuk memudahkan pelanggan sebuah restoran untuk memesan menu layanan yang tersedia.

Ketiga project ini dibahas lengkap mulai dari deskripsi sistem, latar belakang aplikasi, teori-teori pendukung, kebutuhan sistem, analisa perancangan sistem dengan Unified Modelling Language (UML), perancangan artarmuka, Implementasi coding serta Running Aplikasi. Pembahasan pembuatan hybrid application di fokuskan kepada phonegap baik menggunakan online build.phonegap.com maupun offline dengan android studio.

Pembahasan Meliputi;

  • Aplikasi Mobile Informasi Lokasi Berbasis Location Based Service (LBS)
  • Aplikasi Mobile Kuliner Berbasis Location Based Service (LBS)
  • Aplikasi Mobile Smart-resto (Aplikasi Pemesanan Menu Layanan Restoran)