Tags

,

Gimana sih Islam memandang olahraga ?
ane bukanlah ustad yang mempunyai kompetensi untuk menjawab itu.. tapi ane mungkin bisa memberikan sedikit gambaran tentang hal tersebut.

Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan, bahwa ada dua nikmat yang sering dilupakan orang, yaitu nikmat sehat dan waktu luang (HR Bukhari). bicara nikmat sehat tidak terlepas dari bicara bagaimana pola hidup kita sehari-hari, pola makan kita, pola tidur kita, dan tentunya olahraga adalah hal yang tidak bisa dilepaskan atau dipisahkan apabila kita bicara tentang sehat atau kesehatan.

Sebenarnya olahraga pada masa Nabi pun sudah ada, berikut beberapa cerita tentang olahrga pada masa nabi yang di ringkas dari www.rumahislam.com
1. Memanah dan Menombak.
‘Uqbah bin ‘Amir menyatakan, pernah mendengar Nabi bersabda, saat itu baginda berada di atas mimbar membaca ayat, “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka apa saja kekuatan yang kalian persiapkan.” (QS al-Anfal: ) Nabi menyatakan, “Ingat, bahwa kekuatan tersebut adalah memanah. Ingat, bahwa kekuatan tersebut adalah memanah. Ingat, bahwa kekuatan tersebut adalah memanah.” (HR Muslim) Bahkan, belum pernah Nabi menjadikan kedua orang tuanya sebagai tebusan, kecuali untuk Sa’ad bin Abi Waqqash, karena panahannya dalam jihad, “Panahlah, demi bapak dan ibuku sebagai tebusan bagi Anda.” (HR Bukhari-Muslim).

2. Berenang.
Ibn ‘Abbas berkata, Nabi SAW. dan para sahabat baginda pernah bere-nang di Ghadir. ‘Umar bin al-Khatthab, ketika menjadi khali-fah, pernah menulis surat kepada Abu ‘Ubaidah al-Jarrah, untuk mengajarkan berenang kepada anak-anak (HR Ahmad).

3. Naik kuda.
‘Umar bin al-Khatthab juga pernah menulis surat kepada para sahabatnya, ketika mereka di Azerbaijan, agar menunggangi kuda tanpa pe-gangan tangan, sehingga pe-nunggang kudanya dapat mera-sakan kenikmatannya. Inilah yang dilakukan oleh Nabi (HR ‘Abd ar-Razzaq).

4. Berlari.
‘Aisyah menu-turkan, bahwa beliau pernah berlomba lari dengan Nabi SAW pada saat bepergian (HR Abu Dawud). Ternyata, olah-raga ini bisa melancarkan peredaran darah.

5.Perang-perangan: ‘Ali bin Rukanah menuturkan, bah-wa Rukanah, ayahnya, pernah menantang Nabi, maka baginda pun melayaninya (HR Abu Da-wud).

6. Angkat berat.
Suatu ketika Nabi berpapasan dengan suatu kaum, di mana mereka mengangkat batu. Mereka mengangkat yang lebih berat lagi, dan terus begitu. Nabi pun tidak mengingkari tindakan me-reka (HR al-Baihaqi).

7. Beladiri.
Seperti karate, taekwondo, yudo dan kungfu adalah bentuk-bentuk olahraga beladiri. Tidak diragukan, bahwa olahraga beladiri ini perlu dipe-lajari untuk memperkuat fisik dalam rangka berjihad dan menjunjung kemuliaan Islam.

Dengan adanya pembuka diatas, mudah2 an memberikan motivasi dan pemahaman kepada kita, bahwa agama sangat menganjurkan kita untuk berolahraga.

OLAHRaGA AKHIR PEKAN ANE di minggu ini
Sebenarnya kalau saya tidak di rantau orang alias hampir lebih 1 tahun yang telah berlalu, setiap akhir pekan alias sabtu saya isi dengan olahraga futsal dan main bola, hal itu rutin sekali ane lakukan dengan sahabat-sahabat dekat ane, apalagi ketika bekerja dulu di salah satu perusahaan TBK di Pekanbaru, jadwal main bola dan futsal itu tetap di setiap akhir pekan.

Tapi semenjak dah lebih setahun di rantau, ketika akhir pekan seperti hari ini (sabtu, 9 september 2010), biasanya ane usahakan ber olahraga renang. berikut tips dan trik berenang yang sehat menurut ane.

1. Setiap olahraga membutuhkan peralatan, tujuan peralatan itu adalah untuk menjamin bahwa olahraga yang kita lakukan itu tidak akan menimbulkan hal-hal yang tidak baik seperti membawa penyakit,dll. sama halnya dengan melakukan sepakbola, saya bisanya mempunyai peralatan wajib berupa sepatu bola/futsal, kaos kaki panjang, engkel depan serta engkel lutut. nah kalau berenang menurut ane tools atau peralatan wajbinya cuma 2 buah yaitu kaca mata serta penutup kepala.
– Kaca mata : berenang di tempat renang di kota ane rasa pakai kaca mata itu wajib. karena air kolam renang umumnya di kota itu banyak campuran airnya,sehingga mata dianjurkan tidak berhubungan langsung dengan mata, lain halnya ane dulu berenang di sungai di kampung, airnya jernih dan sehat apabila kena mata. usahakan kacamata disini adalah bukan sekedar action tetapi memang betul untuk kenyamanan, sehingga dianjurkan pilih lah kacamata yang mempunyai karet dengan tekanan agak kuat sehingga tidak akan masuk air, untuk pemilihan warna sih tidak menjadi mutlak disesuaikan dengan selera aja.

– Tutup kepala, ane rasa itu juga peralatan wajib, secara gitu, kita renang lebih atau hampir 1 jam, saya rasa tidak bagus terhadapa rambut kita untuk berendam selama itu di kolam renang yang airnya sudah banyak campurannya seperti kaporit,dll

ini gambar peralatan wajib ane berenang hari ini.

Cara makai tools dan peralatan renang.
Berikut ini ane tampilkan bagaimana menurut saya memakai tools renang yang baik dan benar (mohon maaf gambarnya memakai ane sendiri, karena ini memang cara yang menurut ane sendiri, lagi pula untuk urusan wajah ane cocok untuk jadi sample,he.he.he..).

Pakailah penutup kepala sehingga menutupi seluruh permukaan kepala kita sehingga tidak memungkinkan air kolam mengenai rambut seperti gambar berikut :

usahakan penutup kepala juga menutupi telinga sehingga penutup kepala juga fungsinya menutup rambut kepala serta telinga dari air seperti gambar ke-2 diatas,, berikut gambar yang kurang optimal dalam menutup kepala

usahakan tali kacamata tepat diatas atau menjepit lubang telingi sehingga pas berenang penutup kepala tidak menyolor ke atas,

2. Pilih lah tempat beranang yang nyaman. nyaman lebih ke arah bahwa anda nyaman untuk berenang, airnya lumayan bersih, kolamnya cukup luas, dan tidak banyak orang. Untuk kreteria ini, kalau dibandung ane temuin di sabuga-itb, selain kolamnya luas dan bersih, tidak banyak orang yang berenang dan saya tidak ada jumpai anak-anak, alias tempat kolam anak-anak terpisah, kabarnya hari untuk khusus akhwat (perumpuan) juga ada.

3. Lakukan gaya renang yang nyaman untuk anda. dalam hal ini saya lebih suka gaya katak, karena selain gaya ini cukup menggerakkan seluruh tubuh juga bagus untuk mengatur pernapasan.

Vidio sedikit tentang tampilan kolam sabuga-itb dan gaya renang kesukaan ane.

4. Setelah renang sangat dianjurkan untuk mandi lagi menggunakan sabun dan usahakan gosok gigi.

5. Setelah renang dianjurkan jangan makan-makanan, cukup dengan teh panas sesudah sampai di rumah menurut ane.

Sekian sharing olahraga akhir pekan ane minggu ini.

note :
sebenarnya renang menurut ane cukup enak, tetapi kalau ditanya hati paling dalam, lebih enak main futsal atau sepakbola…he.he.he.he…

“A Little Sweat, A Longer Life”

uxc.wilis
🙂