note : mangota dek ikutan milist di http://www.researchandmarkets.com

Pemrograman Aplikasi Mobile di masa ambang perubahaan besar-besaran.hal ini dikarenakan seperti siklus di dunia pc dimana aplikasi berbasis native (dulunya vb,delphi,clipper,dll) habis masanya diganti dengan pemrograman berbasis web (php,jsp,asp,coldfusin,dll).tentunya alasan karena berbasis web bisa cross platform, begitu juga ceritanya di aplikasi mobile.

operating sistem yang dianggap bertahan masih didominasi ios(apple),android,blackberry. sehingga kedepannya dibutuhkan aplikasi yang multi platform (cross platform), dan jawaban itu adalah HTML5, dengan HTML5 adalah cara untuk membuat aplikasi web mobile yg bisa lintas platform, karena pada umumnya browser(webkit) setiap mobile sudah support html5, html5 bukan seperti bayangan orang pada kebanyakan adalah mesti aplikasi bentuknya web alias harus dibuka di web browser, aplikasi native juga bisa dibuat dengan html5,,salah satu aplikasi yg meroket dengan html yg paling populer angry bird yg terbaru dibuat dengan HTML5.

so walaupun aplikasi html5 masih jarang orang buat apalagi orang indonesia, tapi yakinlah..sesuai researchmarket.com, html5 akan diprediksi akan sangat berkembang ke depan untuk web application cross mobile karena alasan operating sistem mobile diprediksi akan tetap bertahan tetap bervariasi.

Bagi orang yang sudah pernah/bisa pemrogran iphone/ipad, android, blackberry sangat dianjurkan mulai berani belajar di html5 for web mobile.. bagi yang blum..tidak ada salahnya terjun…

BUKU HTML5 sebagai awal permulaan apabila kita ingin mendalami ini
http://www.4shared.com/document/aveLZ15v/IntroducingHTML5.htm

note : bukan berarti aplikasi mobile yg banyak sekarang (native) by java,c untuk android,iphone/ipad akan menurun kebutuhannya, karena html5 sendiri akan menjadi standart mobile web masih cukup lama, kalau mengikuti research yang dilakukan diperkirakan mendekati 2020. (mode : ha..ha.ha.ha..), tapi menuju tahun itu, yakinlah akan dibanjiri aplikasi web mobile dengan html5.

uxc.wilis
🙂